Sabtu, 19 November 2011

Nikola Tesla

Nikola Tesla, insinyur listrik dan penemu(10 Juli 1856 - 7 Januari 1943)
 
Nikola Tesla, ilmuwan Amerika asal Serbia, memberikan kontribusi terbesar untuk ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi di dunia sebagai penemu dari medan magnet berputar dan sistem lengkap produksi dan distribusi energi listrik (motor, generator) yang didasarkan pada penggunaan arus alternatif. Namanya diberikan ke unit SI untuk induksi magnetik ("tesla"). Tesla juga dibangun generator frekuensi tinggi arus alternatif dan tinggi-tegangan transformator tanpa biji dikenal hari ini sebagai "Tesla Coil".
Nikola Tesla lahir pada tanggal 10 Juli, 1856 di Smiljan, di zona Perbatasan Militer Kekaisaran Austro-Hungaria, sekarang di Republik Kroasia. Ia menerima pendidikan di Austria yaitu Austro-Hungaria: sekolah dasar di Smiljan dan Gospic (1862-1870), dan sekolah menengah (Realgymnasium) di Karlovac (1870-1873). Dari 1875-1878 belajar di Politeknik di Graz, dan pada tahun 1880 ia terdaftar dalam studi filsafat alam di Universitas Charles di Praha.
Pada periode 1881-1882 ia bekerja di Central Telegraph Kantor di Budapest. Di sini ia memulai karirnya sebagai penemu meningkatkan penguat suara untuk gagang telepon, dan pada Februari 1882 tiba pada gagasan dari medan magnet berputar.
Di tengah perjalanan 1882 ia ke Paris untuk bergabung dengan Perusahaan Edison Kontinental, dan pada 1883 pindah ke Strasbourg dan membuat prototipe dari motor induksi. Pada 1884 ia pergi ke Amerika Serikat untuk mulai bekerja di perusahaan Edison. Pada tahun 1885 ia meninggalkan Edison, mendirikan sendiri "Tesla Arc & Light Co" dan mulai memproduksi motor dan generator untuk arus alternatif polyphase.
Paten pertama, "komutator untuk dinamo - mesin listrik", diterapkan kepada Kantor Paten pada 6 Mei 1885 diikuti oleh serangkaian paten pada regulator lampu busur listrik. Dari 1887-1890 ia diterapkan-nya yang terkenal paten pada alternatif polyphase, dan motor generator arus. Pada 16 Mei 1888, ia disajikan penemuan di kuliah pertama pada "Sebuah sistem baru motor dan transformer arus alternatif" untuk American Institute of Electrical Engineers (AIEE). Segera setelah kuliah itu, Co Westinghouse membeli hak paten 40 nya pada arus polyphase. Di Pittsburgh (1888-1889), bersama dengan insinyur dari Westinghouse Co, ia terlibat pada realisasi praktis dari paten. Dalam periode ini persiapan untuk pembangunan pembangkit listrik pertama di Niagara Falls menurut sistem Tesla dibuat. Pembangkit listrik adalah pada 12 Januari 1895 dimasukkan ke dalam operasi dan pada waktu itu diperhitungkan sebagai keajaiban dunia.


laboratorium Nikola Tesla 

Bidang lain yang luas penelitiannya adalah arus alternatif frekuensi tinggi dan efek mereka. Pada tanggal 20 Mei 1891, ia memberikan kuliah kepada AIEE di New York pada "Percobaan dengan arus alternatif dari frekuensi sangat tinggi dan aplikasi mereka dalam pencahayaan buatan" Pada tahun 1890 ia juga menerbitkan hasil efek fisiologis arus frekuensi tinggi.
Dari 1891-1896 Tesla diterapkan paten pada osilator percikan digabungkan dengan transformator resonansi osilator yang tersubstitusi Hertz dan induktor Ruhmkorf dalam penelitian itu. Selain itu ia juga diterapkan berbagai paten untuk misalnya berbagai peralatan bantu pemutus sirkuit, kondensor dll
Pada tahun 1892, atas undangan dari Royal Society di London dan Physical Society Prancis, ia pergi ke London dan Paris untuk memberikan kuliah tentang "Percobaan dengan arus alternatif potensi tinggi dan frekuensi tinggi." Selama tinggal di Eropa ia juga mengunjungi Belgrade pada tanggal 2 Juni 1892.
Pada tahun 1893, dengan sistem dari empat sirkuit dalam resonansi dia menunjukkan bahwa udara, koneksi dengan tanah dan resonansi tiga unsur penting dari telegrafi nirkabel dan mempersiapkan jalan bagi penemuan radio modern.
Pada tahun 1895 ia melanjutkan penelitian tentang arus frekuensi tinggi dan efek mereka pada gas dijernihkan menggunakan tabung Lenard. Dia adalah salah satu ilmuwan pertama di benua Amerika yang membuat foto sinar-X tangan, sculls, lutut dan siku. Dia adalah yang pertama untuk menunjuk ke efek berbahaya dari paparan panjang untuk sinar-sinar pada organisme manusia.
Pada tahun 1897 ia diterapkan berbagai paten dari daerah telegrafi nirkabel, dan pada tahun 1898 paten dari metode dan peralatan untuk mengendalikan mekanisme kapal atau kendaraan bergerak. Di New York, ia melakukan percobaan dengan perahu remote control. Sebagai hasil dari paten, Mahkamah Agung bila AS diberikan kepadanya - meskipun post-mortem - prioritas dalam penemuan yaitu telegrafi nirkabel radio.
Dari 1899-1900 Tesla tinggal di Colorado Springs. Pada ketinggian 2000 m di atas permukaan laut ia membangun laboratorium dengan pemancar 200 kW. Dia juga dibangun generator dan transformer yang menghasilkan frekuensi dari puluhan ribu hertz dan potensi sampai 12 juta volt, dan ditingkatkan transformator tanpa biji nya untuk arus frekuensi tinggi, yang dikenal sebagai Tesla transformator. Dalam catatannya pada percobaan dari periode ini ia menyatakan bahwa gelombang stasioner menyebar melalui Bumi sehingga efek ini bisa digunakan untuk transmisi nirkabel energi.
Paten dari daerah transmisi nirkabel energi ia diterapkan 1900-1902. Dari 1901 ke 1905, berniat untuk mewujudkan nya "Dunia-Wireless-Sistem," dia sibuk dengan pembangunan stasiun percobaan besar, pembangkit listrik dan sebuah menara udara besar di Long Island dekat New York. Namun, proyek ini tidak pernah selesai.
Kemudian (1909-1922), ia sibuk dengan teknik mesin, menciptakan jenis baru dari turbin, pompa, indikator kecepatan, aliran-meter dll pompa-Nya tanpa dayung yang saat ini sedang digunakan secara komersial.
Tesla menghabiskan tahun-tahun terakhir di hotel "New Yorker" di New York, di mana ia meninggal pada tanggal 7 Januari 1943.


sumber: http://www.tesla-museum.org/meni_en/nt.php?link=tesla/t&opc=sub1
              google.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar